Proposal Usaha Kecil Menengah
Bimby RoKar Café
Di Susun Sebagai Tugas Mata
Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: Dr. Drs.
Sukirman S.Pd. SH. MM
Di susun Oleh:
Poni Wibowo NIM.
201511079
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN AJARAN 2017
ABSTRAK
Salah satu alasan bagi saya
pendiri usaha di bidang kuliner dan makanan ringan ini semua berawal dari
banyaknya peminat roti bakar namun para pembeli tidak mendapatkan pelayanan dan
fasilitas yang begitu layak saat ingin menikmati roti bakar. Oleh sebab itu
saya ingin membuat para peminat dan pembeli roti bakar ini semakin nyaman saat
membeli roti bakar. Oleh sebab itu saya mendirikan café yang bernama “Bimby
RoKar Café” agar pembeli dapat menikmati nikmatnya roti bakar secara langsung
di tempat ini tanpa membawanya terlebih dahulu kerumah. Selain itu banyak
kreasi di dalam roti bakar ini, terutama pada segi rasanya yang penuh dengan
varian yang begitu menggoda saat melihatnya. Dari semua yang saya jelaskan
sebelumnya, yang paling penting yaitu semua orang dapat menikmati sensasi yang
menggoda roti bakar ala bimby di “Bimby RoKar Café” ini karena harganya yang
sangat terjangkau sehingga dari kalangan bawah sampai kalangan atas dapat
menikmati sensasi yang menggoda dari roti bakar ala bimby di “Bimby RoKar
Café”.
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena rahmat-Nya
makalah ini dapat diselesaikan. Proposal
Usaha ini tentang
suatu tempat khusus roti bakar dengan nama“Bimby RoKar
Cafe”
selain sebagai tugas, Proposal Usaha ini
dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada para pembaca tentang usaha yang bernama “Bimby Rockar Cafe”. Dalam penyelesaian Poposal Usaha ini tentunya
tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu kami mengucapkan
terima kasih kepada
1. Dr.Drs.Sukirman,
SPd, SH, MM selaku Dosen mata kuliah Kewirausahaan.
2. Kepada semua pihak yang membuat Proposal Usaha ini
berjalan lancar.
Dengan
adanya Proposal Usaha ini tidak akan
tertinggal informasi mengenai apa itu bisnis
usaha roti bakar yang bernama“Bimby RoKar
Cafe”.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Proposal
Usaha ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan.
Oleh sebab itu kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan untuk
perbaikan kedepan dalam penyusun Proposal
Usaha ini agar lebih baik. Semoga Allah SWT membalas semua jerih payah semua
pihak telah membantu dalam menyelesaikan
tugas Proposal Usaha ini dan semoga
bermanfaat bagi kita semua. Amiiin.
Kudus, April
2017
BAB I
PENDAHULUAN
I. Latar
belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka
orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada
masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang
berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman
pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama
mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang
terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah saya bermaksud untuk membuat
makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman
untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta
memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila saya mengembangkan usaha roti
bakar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar karna
rasanya yang enak, gurih dan nikmat.
Roti bakar ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat
memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, roti bakar ini dapat dinikmati
oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ini baik
orang yang sudah tua maupun orang muda.
Roti bakar ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari
maupun pagi hari. Roti ini akan lebih
enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, terlebih ketika cuaca
terasa dingin maka roti bakar sangat cocok sebagai makanan penghangat tubuh.
II. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul
dengan kualitas yang terbaik serta menciptakan wadah untuk para penikmat roti
bakar yang selama ini hanya membelinya di pinggir jalan lalu dibawa pulang.
Dengan adanya café khusus roti bakar ini membuat para pencinta roti bakar lebih
termanjakan.
III. Misi
- menciptakan sebuah inovasi dalam usaha roti bakar
- bekerja sama dengan
para pembuat roti bakar terbaik di kudus dan sekitarnya
- menciptakan inovasi dan kreasi dalam membuat sebuah olahan roti bakar
- menciptakan
lapangan pekerjaan baru di bidang kuliner
IV. Tujuan Utama
1.
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
2.
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
3.
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan
masyarakat.
4.
Membudayakan semangat, sikap,
prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
1
|
Nama Usaha
|
Bimby RoKar Café
|
2
|
Bidang
Usaha
|
Makanan
|
3
|
Alamat Usaha
|
Ds.Banget,
Kec.Kaliwungu, Kab.Kudus
|
4
|
Nomor
Telepon
|
085727126905
|
A.
Biodata Pemilik
Nama Pemilik : Poni Wibowo
Alamat : Ds.Banget, Kec.Kaliwungu, Kab.Kudus
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/Tanggal lahir : Kudus, 29 Maret 1995
Agama : Islam
Nomor Telepon : 085727126905
e-mail : poniwibowo@gmail.com
Pendidikan Terakhir : SMK
Pengalaman : QC di Perusahaan Elektronik di kudus dan
Sekarang Jadi Staff Sebuah Perusahaan IM
B.
Manajemen
Nama Usaha : Bimby RoKar Café
Nama Pemilik : Poni Wibowo
Bidang Usaha : Makanan
Bentuk Usaha : Perseorangan
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
III.Profil
Pemilik atau Struktur
Organisasi
1. Pemilik
Pemilik Bimby RoKar Café bertugas
mengatur dan mengawasi jalannya usaha
serta kerja para karyawannya. Pemilik Bimby RoKar Café bertanggung jawab penuh atas semua
kelangsungan usaha.
2. Manajer Operasi Dan Orientasi Manajer Operasi
Melakukan fungsi-fungsi proses manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian.Orientasi manajer operasi ialah mengarahkan keluaran/output dalam jumlah, kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.
Melakukan fungsi-fungsi proses manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian.Orientasi manajer operasi ialah mengarahkan keluaran/output dalam jumlah, kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.
Tanggung Jawab Manajer Operasi:
1. Menghasilkan barang dan jasa.
2. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi.
3. Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.
1. Menghasilkan barang dan jasa.
2. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi.
3. Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.
3. Bidang Keuangan
Bidang keuangan bertugas sebagai kasir yang mana harus dapat melayani
pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.
4.
Bidang Produksi
Koki bertugas
memasak dan menyiapkan semua yang di pesan oleh pembeli saat dating ke Bimby RoKar Café , sedangkan bartender bertugas membuat
semua menu minuman yang ada di Bimby RoKar Café.
5.
Bidang Pelayanan Konsumen
Courier, Cleaning Service, Penerima Tamu Bahkan Security bertugas untuk
melayani dan menyambut tamu dengan baik agar saat tamu dating ke Bimby RoKar Café menjadi terpuaskan.
BAB IV
PRODUK USAHA
1.
Aspek Produk
Produk yang saya tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen
memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
ü RoKar Bimby
Spesial
ü Coklat
ü Kacang
ü Keju
ü Strowberry
ü Nanas
ü Blueberry
ü Srikaya
Dengan
memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang
mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang saya berikan tidak menggunakan campuran
bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk
dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
2. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis
ini adalah sebagai berikut:
Ø
Strengths (Kekuatan)
a) Penyajian
dari roti bakar ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam
penyajiannya.
b) Harga
dari roti bakar ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
c) Roti
bakar khas bandung yang saya sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan
kebersihannya selalu saya utamakan.
d) Karna
roti bakar ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang
sesuai dengan selera mereka masing-masing.
e) Perlengkapannya
mudah di dapatkan.
Ø Weakness (Kelemahan)
a) Faktor tempat juga sangat mempengaruhi
kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan
sedikit.
b) Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun,
jika keaadaan cuaca sedang buruk.
c) Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari
konsumen.
Ø Opportunities (Peluang /
kesempatan)
a) Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan terutama pada malam hari, sehingga roti bakar
bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
b) Sebagian besar penjual roti bakar yang ada
hanya menawarkan rasa yang umum seperti rasa coklat, kacang, keju, srikaya,
strawberry, blueberry dan nanas, maka saya bermaksud untuk memberikan rasa yang
baru yaitu rasa Durian. Dengan rasa
tersebut masyarakat yang mempunyai suka mengkonsumsi durian tidak perlu
menunggu musim durian tiba, sehingga
cukup membeli roti bakar dengan rasa durian.
c) Karna roti bakar ini bisa dinikmati oleh semua
usia dari yang muda sampai yang tua, maka
pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
Ø Threats (Ancaman)
Melihat
dari bnyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan makanan terutama
roti bakar ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita
berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa,
sehingga usaha ini akan terancam bangkrut.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka saya
dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas
produk yang terbaik kepada semua konsumen saya.
Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama saya
dalam menjalankan usaha ini.
BAB V
ASPEK PEMASARAN
1. Marketing Plan (Rencana Pemasaran)
a)
Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir utama, seperti jalan menuju lintas utama ke jalan raya
Jepara-Kudus ini sangatlah stategis karena banyak di lalui oleh para muda mudi
yang hendak berpegian, sehingga dapat menarik perhatiannya untuk sejenak
bersantai dan makan roti bakar di Bimby
RoKar Café ini. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di
lewati oleh masyarakat, baik masyarakat
lokal maupun non lokal sehingga usaha saya
ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar saya yaitu masyarakat sekitar dan
masyarakat pengguna jalan tempat usaha saya berdiri.
b)
Pesaing
Untuk pesaing sebenarnya belum ada,
karena ini pertama kalinya saya ciptakan di kudus dan sekitarnya. Kalaupun ada
pesaing mungkin para penjual roti bakar yang ada di sepanjang jalan
kudus-jepara yang sudah sejak dulu ada daripada tempat yang saya dirikan ini
yaitu Bimby RoKar Café .
c)
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli saya yaitu mencakup semua kalangan
masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari
semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang saya
tawarkan, karna harga yang saya berikanpun cukup terjangkau untuk semua
kalangan. Harga yang saya berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
2. Strategi
Pemasaran
Adapun
strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
a)
Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta
tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan
disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk
membeli roti bakar di tempat kita.
b)
Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat
dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook,
twitter, blog,dll. Karna sebagian besar
masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
c)
Pengembangan
Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, selanjutnya untuk mempromisikan usaha ini bisa menambah pasar baru untuk memperluas
jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke
daerah-daerah lain,
dengan harapan usaha ini akan lebih
dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat
mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
d) Pengembangan
Produk
Mengembangkan dari usaha ini dapat menambahkan
rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga
yang terjangkau, yang
memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan
pasar mililiki semakin
luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada
acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara rapat pada perusahaan.
e)
Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami
tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
ü Pada
malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli
roti dengan harga diatas Rp10.000,- maka, akan kami berikan diskon sebesar 10%.
ü Apabila
konsumen membeli roti bakar diatas 4 bungkus, maka kami akan menetapkan semua
harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
ü Selain
itu, apabila konsumen membeli roti bakar diatas 8 bungkus, maka kami akan
menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu
Rp10.000,- dan memberikan gratis satu bungkus roti bakar.
3. Production Plan (Rencana Produksi)
a)
Harga
Adapun produk yang kami tawarkan
memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh
konsumen, karna macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Adapun daftar harga
yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
1
|
RoKar
Bimby
|
Rp. 25.000
|
2
|
Nanas +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
3
|
Strawbery
+ Strawbery
|
Rp. 10.000
|
4
|
Kacang +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
5
|
Kacang +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
6
|
Kacang +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
7
|
Kacang +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
8
|
Coklat +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
9
|
Coklat +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
10
|
Coklat +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
11
|
Coklat +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
12
|
Blueberry
+ Strawbery
|
Rp. 10.000
|
13
|
Blueberry
+ Nanas
|
Rp. 10.000
|
14
|
Blueberry
+ Blueberry
|
Rp. 10.000
|
15
|
Blueberry
+ Coklat
|
Rp. 11.000
|
16
|
Srikaya +
Srikaya
|
Rp. 12.000
|
17
|
Srikaya +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
18
|
Srikaya +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
19
|
Srikaya +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
20
|
Srikaya +
Kacang
|
Rp. 12.000
|
21
|
Srikaya +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
22
|
Keju +
Coklat
|
Rp. 12.000
|
23
|
Keju +
Kacang
|
Rp. 10.000
|
24
|
Keju +
Strawbery
|
Rp. 10.000
|
25
|
Keju +
Nanas
|
Rp. 10.000
|
26
|
Keju +
Blueberry
|
Rp. 10.000
|
27
|
Keju +
Srikaya
|
Rp. 12.000
|
28
|
Keju +
Keju
|
Rp. 12.000
|
29
|
Nanas+Strawbery
|
Rp. 15.000
|
b)
Kontrol Kualitas Produk
Dalam
mengontrol kualitas produk dari usaha ini agar dapat di konsumsi oleh konsumen dengan baik, maka
dilakukan pengecekan setiap hari terhadap rasa –rasa dan roti yang ada Bimby RoKar Café . Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak
jual.
4.
SDM
Pendukung
Untuk mendukung kelangsungan usaha
ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait
didalamnya. Adapun Sumber Daya (SDM)
yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
a)
Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka
kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor roti bakar , sehingga
bahan-bahan dari roti bakar ini mudah didapatkan. Distributor merupakan orang
yang memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik roti.
b)
Tenaga Kerja
Dalam bisnis
jualan roti bakar ini kita tidak
memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana
dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun /
telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan
remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
c)
Masyarakat Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya
masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga
harus memiliki hubungan baik dengan
masyarakat setempat, karna apabila kita tidak mempunyai hubunga baik
maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang
tidak diinginkan.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
1.
Biaya Awal
Nomor
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Sewa
Tempat
|
Rp 10.000.000
|
1
|
Dapat di gunakan dalam jangka
waktu yang panjang.
|
2.
|
Kompor
|
Rp 750.000
|
3
|
|
3.
|
Tabung Gas
3 kg
|
Rp 510.000
|
3
|
|
4.
|
Besi
Panggangan
|
Rp 900.000
|
3
|
|
5.
|
Alat
Pembakar
|
Rp 75.000
|
3
|
|
6.
|
Alat
Pemotong
|
Rp 123.000
|
3
|
|
7.
|
Top Les
|
Rp 100.000
|
7
|
|
8.
|
Lap Tangan
|
Rp 30.000
|
3
|
|
9.
|
Kotak
Sampah dan Ember
|
Rp 45.000
|
3
|
|
10.
|
Bola Lampu
|
Rp 700.000
|
20
|
|
11.
|
Kabel
|
Rp 150.000
|
3
|
|
12.
|
Saklar
lampu
|
Rp 200.000
|
5
|
|
13.
|
Merek
Usaha/banner
|
Rp 100.000
|
2 m
|
|
14.
|
Roti
|
Rp 300.000
|
100Bungkus
|
Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)
|
15.
|
Rasa-Rasa
1. Nanas
2. Keju
3. Strowberry
4. Blueberry
5. Kacang
6. Coklat
7. Srikaya
8. Margarin
9. Susu (dibuat Minuman juga)
|
Rp 12.000
Rp 18.000
Rp 12.000
Rp 15.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 450.000
|
1 kg
1 kotak
1 kg
1 kg
1 kg
1 kg
1 Bungkus
1 kg
50 Kaleng
|
|
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
|
Rp 14.562.000 (Katakanlah Rp 15.000.000)
|
2.
ANALISIS RISIKO BISNIS
a) Modal Awal 15.000.000,-
Pendapatan
- Penjualan permalam rata-rata sebanyak 70 Porsi,
- Harga rata-rata: Rp 11.500 X 70 = Rp 805.000,-
- jadi, penghasilan
bruto semalam =
Rp 805.000,-
b)
Laba Kotor
harian Rp 805.000,-
bulanan/30 hari Rp 24.150.000,-
c)
Biaya
Operasional/bulan
Gaji Karyawan (6 Karyawan) Rp
13.920.000,-
Biaya
Transportasi Rp 300.000,-
*Biaya Bahan Rp 3.000.000,-
Total Biya
Operasional Rp
17.220.000,-
d)
Laba Bersih/bulan Rp
6.930.000
Break Even
Point ( BEP) = Modal Awal/LB(bulan)
=
15.000.000,-
: 6.930.000,-
=
2,2 Bulan
3. LABA
RUGI
KETERANGAN
|
TAHUN 1
|
TAHUN 2
|
TAHUN 3
|
A. LABA KOTOR
|
289.800.000
|
295.800.000
|
301.800.000
|
B. BIAYA-BIAYA
|
|||
|
167.040.000
|
167.640.000
|
168.240.000
|
|
3.600.000
|
3.700.000
|
3.800.000
|
|
10.000.000
|
11.000.000
|
12.000.000
|
|
36.000.000
|
37.000.000
|
38.000.000
|
TOTAL
BIAYA
|
216.640.000
|
219.340.000
|
222.040.000
|
LABA BERSIH
|
73.160.000
|
76.460.000
|
79.760.000
|
4. ARUS KAS
PROYEKSI ARUS KAS
( dalam Rp ) |
|||
Keterangan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
A. Penerimaan
|
|||
§ Penerimaan Pinjaman
|
15.000.000
|
||
§ Pendapatan
|
289.800.000
|
295.800.000
|
301.800.000
|
Total Penerimaan
|
304.800.000
|
295.800.000
|
301.800.000
|
B. Pengeluaran
|
|||
§ Pembelian Peralatan
|
15.000.000
|
1.500.000
|
1.000.000
|
§ Biaya gaji
|
167.040.000
|
167.640.000
|
168.240.000
|
§ Biaya Transportasi
|
3.600.000
|
3.700.000
|
3.800.000
|
§ Biaya Pemasaran
|
1.000.000
|
900.000
|
800.000
|
§ Biaya Bahan
|
36.000.000
|
37.000.000
|
38.000.000
|
§ Biaya Sewa Tempat
|
10.000.000
|
11.000.000
|
12.000.000
|
Total Pengeluaran
|
232.640.000
|
221.560.000
|
223.840.000
|
Selisih
kas
|
72.160.000
|
74.240.000
|
77.960.000
|
Saldo kas
awal
|
0
|
72.160.000
|
146.400.000
|
Saldo kas
akhir
|
72.160.000
|
146.400.000
|
224.360.000
|
5. NERACA
PROYEKSI
NERACA
( dalam
Rp. )
|
|||
Keterangan
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
AKTIVA
A. Aktiva Lancar
- Kas
- Piutang
- Persediaan
Total Aktiva Lancar
B. Aktiva
Tetap
- Tanah
- Bangunan (
Sewa )
- Mesin dan
peralatan
- Investasi
- Kendaraan
- Dan
Lain-lain
Total Aktiva Tetap
Akumulasi Penyusutan
Nilai Buku Aktiva Tetap
C. Investasi
Pra-operasi
Akumulasi amortisasi
Nilai Buku Aktiva Tak Berwujud
Total Aktiva (A+B+C)
|
72.160.000
-
-
72.160.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
77.160.000
|
146.400.000-
-
146.400.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
151.400.000
|
224.360.000-
-
224.360.000
-
-
5.000.000
-
-
-
5.000.000
-
-
-
-
-
229.360.000
|
KEWAJIBAN DAN MODAL
A. Kewajiban
Lancar
- Kewajiban
Dagang
- Kredit
Modal Kerja
Total Kewajiban Lancar
B. Kewajiban
Jk. Panjang
Kredit Investasi
Total Kewajiban Jk. Panjang
C. Modal
- Modal
Sendiri
- Laba Periode Lalu
- Laba
Total
Modal
Total
Kewajiban dan Modal (A+B+C)
|
-
-
-
-
-
-
438.000
-
73.160.000
73.598.000
73.598.000
|
-
-
-
-
-
-
5.000.000
-
76.460.000
81.460.000
81.460.000
|
-
-
-
-
-
-
10.000.000
-
79.760.000
89.760.000
89.760.000
|
ROI = (laba / total aktiva) x 100%
|
94,81 %
|
50,50%
|
34,77%
|
BAB VII
PENUTUP
KESIMPULAN
Roti bakar ialah makanan ringan yang sangat di gemari oleh banyak orang.
harganya yang sangat terjangakau untuk semua kalangan dari bawah sampai atas
membuat roti bakar menjadi salah satu makanan yang begitu banyak orang yang
telah merasakannya. Selain itu dengan adanya Café RoKar Bimby ini menjadikan
penikmat roti bakar menjadi lebih sedikit termanjakan karena ada tempat khusus
untuk menikmati olahan roti bakar saat itu juga tanpa harus membawa pulang kerumah
dulu untuk menyantapnya.
Dengan adanya Bimby
RoKar Café ini juga membuat peluang pekerjaan bagi masyarakat yang belum
memiliki pekerjaan sebelumnya. Bimby RoKar Café ini juga sangat menerima setiap orang yang mempunyai
dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya. Entah itu ia pandai memasak atau tidak,
yang jelas modal utama untuk bergabung di Bimby
RoKar Café memang harus mempunyai jiwa pekerja yang
tulus. Karena begitu menjadi bagian dari Bimby
RoKar Café yang tadinnya belum ada kemampuan
sedikitpun dalam memasak atau mengolah roti bakar kini Anda yang ingin
bergabung akan mendapatkan kemampuan itu.
Jadi Bimby RoKar Café sangat mementingkan orang-orang dan
masyarakat yang mencintai roti bakar serta membantu orang dalam memperoleh
pekerjaan. Apalagi jika semakin banyak cabang-cabang yang nantinya akan di buka
di seluruh Kabupaten Kudus dan Jepara yang akan membuat Bimby RoKar Café yang saya ciptakan ini semakin di kenal dan
di gandrungi oleh masyarakat luas.
BAB VIII
LAMPIRAN
A.DENAH LOKASI (BISA DI AKSES VIA MAPS)
B. KARTU IDENTITAS PEMILIK USAHA
C. LOGO PERUSAHAAN
0 komentar:
Post a Comment